RENCANA KERJA SMAN 1 PAMMANA
2013-2014
A.
Pendahuluan
Pendidikan
adalah suatu peristiwa penyampaian yang berlangsung dalam situasi komunikasi
antar manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dari proses komunikasi ini
diharapkan adanya perubahan (change) dan pengembangan (development)
tingkah laku peserta didik dengan tetap
berpegang teguh pada landasan moral dan nilai-nilai
luhur yang diyakini kebenarannya.
Sedangkan hahekat dan tujuan utama pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia, untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan
manusia,
Dalam upaya memanusiakan manusia minimal ada 3 kompetensi
dasar yang dimiliki
peserta didik yang
harus dikembangkan secara
optimal, yaitu kemampuan kognitif,
afektif dan psikomotor. Dengan optimalisasi pengembangan ketiga kemampuan dasar
tersebut, manusia dapat mengembangkan nilai
kemanusiaannya secara utuh.
Dapat menciptakan dan menjaga
harmonisasi hubungan 4
dimensi dengan baik, yaitu keselarasan dan keseimbangan hubungan antara dirinya dengan Tuhan, hubungan dengan sesama
manusia, hubungan dengan alam (lingkungan), dan internalisasi nilai-nilai
dalam dirinya sendiri.
Sektor
pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam mengembangkan sumber daya
manusia. Hal ini disebabkan karena melalui jalur pendidikan akan diperoleh
pengetahuan yang sistematis, terarah dan berencana.
B.
Landasan
1.
Undang-undang
RI No. 20/2003, tentang SPN
2.
Undang-undang
RI No 14/2005, tentang Guru dan Dosen
3.
Permen
Pendidikan Nasional No 22/2006 dan No
23/2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
4.
PP RI No
19/2008, tentang Standar Nasional Pendidikan
5.
PP RI No
74/2008 tentang Guru
6.
Permen
Pendidikan Nasional No 39/2009, tentang Pemantauan Pemenuhan Beban Kerja Guru
da Pegawai
C.
Tujuan Program Kerja
Program Kerja
ini dibuat dengan tujuan
1. Menjadi
panduan bagi semua personil sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsi
masing-masing, sehingga bisa bekerja dengan efektif, terarah, dan sistematis.
2. Menjadi salah
satu bahan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja sekolah
D. Hasil Rumusan Program Kerja Setiap Bidang
a. Bidang
Kurikulum (Akademik), koordinator Wakasek Kurikulum
1. Menyusun
program Kerja Sekolah yang berkaitan dengan kurikulum dengan berpedoman pada
kalender pendidikan.
2. Wakasek
kurikulum mengkoordinir pembuatan :
a.
Program tahunan.
b.
Program semester.
c.
Skenario pembelajaran.
d.
Pengembangan silabus.
3. Mengkoordinir pelaksanaan
kegiatan pembelajaran .
4. Menfasilitasi
guru mata pelajaran dalam menetapkan Kriteria Kompetensi Minimal (KKM) tiap
mata pelajaran.
5. Melaksanakan pelatihan
untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang didaktik, metodik dan
evaluasi dengan mendatangkan instruktur/nara sumber yang kompeten.
6. Mengaktifkan dan
mengefektifkan pelaksanaan MGMP.
7. Mempersiapkan
siswa untuk mengikuti lomba mata pelajaran dan olimpiade mata pelajaran
(olimpiade sains)
8. Mengoptimalkan
pemanfaatan Laboratorium IPA dan Laboratorium Komputer.
9. Menetapkan pelaksanakan ulangan harian, ulangan tengah semester
dan ulangan semester /penaikan kelas
sesuai alokasi waktu yang disepakati.
10. Mengkoordinir pelaksanakan kegiatan persiapan ujian nasional
dengan mengadakan bimbingan belajar
khusus (sore) dan try out (uji coba) soal-soal UN
11. Melaksanakan Ujian Nasional sesuai dengan jadwal yang telah
ditetapkan pemerintah pusat.
12. Melaksanakan bimbingan KIR / menggiatkan penelitian sederhana
13. Membentuk kelompok Pecinta Mata Pelajaran
14. Mengefektifkan Bimbingan Konseling
Bimbingan
dan konseling meliputi;
a. Mempersiapkan data siswa yang
berkaitan dengan: Identitas siswa, bakat, minat dan kecerdasan, prestasi hasil
belajar tiap cawu/semester
b. Mengadakan deteksi dini terhadap siswa
berbakat atau memiliki kecerdasan diatas rata-rata.
c. Mengadakan pembinaan
dan penyaluran terhadap kelompok siswa berbakat/ kecerdasan luar biasa\
d. Membantu mengatasi kesulitan siswa dalam masalah kesulitan
belajar, masalah pribadi, masalah sosial dan masalah karier.
a. b.
Bidang
Kesiswaan, koordinator Wakasek Kesiswaan
1. Melaksanakan Penerimaan Siswa Baru dan Masa Orientasi Pengenalan Lingkungan Sekolah (MOPLS) Tujuan : Agar siswa baru lebih mengenal kehidupan dan meberikan kesan positif serta menyenangkan terhadap lingkungan fisik maupun sosial di sekolah, mengetahui hak & kewajiban sebagai pelajar serta cara-cara belajar yang baik di tempat baru.
2. Mengoptimalkan Pembinaan Siswa Melalui Organisasi Intra Sekolah (OSIS) OSIS adalah induk organisasi siswa yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaan siswa. Tujuan: Menumbuhkan kemampuan berorganisasi, mengembangkan kreativitas siswa, dan membentuk pribadi yang bertanggung jawab & disiplin.
Melalui 8 jalur pembinaan kesiswaan dilaksanakan
kegiatan-kegiatan:
1. Shalat dhuhur berjamaah.
2. Kegiatan
keagamaan antara lain: Buka Puasa
bersama, Pesantren kilat, Peringatan Maulid., Peringatan isra’miraj, Lomba
Tadarus, Adzam,dan Kaligrafi.
3.
Melaksanakan upacara bendera dan
membentuk kelompok paskibra
4.
Melaksanakan bakti sosial.
5.
Membiasakan siswa mengunjungi
warga yang terkena musibah.
6.
Melaksanakan LKS.
7.
Melaksanakan lomba
pidato Bahasa Indonesia dan
Bahasa Inggris.
8.
Menggiatkan KIR.
9.
Mengaktifkan majalah dinding.
10.
Mengadakan PORSENI.
11.
Mengikuti PORSLA & Bupati Cup.
12.
Melaksanakan penyuluhan tentang
narkoba.
13.
Mengikuti pameran kreatifitas
siswa.
14.
Mengikuti
lomba – lomba seni dan olahraga.
·
Kegiatan Ekstrakurikuler
1. Menyalurkan Bakat dan Minat Siswa melalui pengembangan diri dalam bidang:
a. Olah Raga
b. Seni
c. Cinta Lingkungan Hidup
2.
Membentuk dan melaksanakan
pelatihan UKS, PMR, dan Pramuka
3.
Mengaktifkan English Meeting Club dan English Camp.
4.
Membentuk kelompok Pencinta Alam.
b.
Bidang Sarana Prasarana,
koordinator Wakasek Sarana
1.
Pengecatan
pemeliharaan / perawatan gedung dan
penataan lingkungan sekolah.
2.
Melengkapi / Pengadaan sarana
pembelajaran :
a.
Komputer.
b.
Pengadaan
meja, kursi dan lemari.
c.
Alat/ bahan
laboratorium
3.
Pembangunan
gedung baru (RKB)
4.
Penghijauan
Sekolah.
5.
Pembuatan
talud
6.
Melanjutkan
pembangunan masjid terutama flafon
7.
Penambahan
tempat parkir siswa
8.
Pembuatan WC
guru dan siswa
9.
Pembenahan
lapangan sepak takraw dan volly
10.
Pengadaan
lemari untuk piala
11.
Pengadaan
mobiler (meja/kursi) untuk guru dan siswa
d.
Bidang Humas, koordinator Wakasek Humas
1. Mengundang
pengurus Komite untuk duduk bersama merumuskan
program sekolah.
2. Menfasilitasi
rapat Komite dengan orang tua siswa.
3. Menyampaikan
informasi perkembangan SMA Negeri 1 Pammana ke Komite dan masyarakat
4. Mengundang pengurus Komite pada
rapat – rapat tertentu.
5. Melibatkan
Komite dalam pendanaan sekolah.
6. Mengoptimalkan pelaksanaan MGMP.
7. Mengadakan pelatihan KTSP.
8. Mengfasilitasi
guru atau pegawai dalam penataran.
9. Membantu guru atau pegawai yang berkeinginan
melanjutkan pendidikan.
10. Mengundang masyarakat di
sekitar sekolah pada
kegiatan tertentu.
11. Mengadakan
pertandingan olahraga antar
SMP se-kecamatan Pammana
12. Memberikan
kesempatan kepada “Pemuda atau Warga”
sekitar sekolah untuk
memanfaatkan fasilitas
lapangan olahraga.
13. Mengikuti
pameran yang diselenggarakan diknas/PEMDA Kab. Wajo
14. Membina dan membentuk kelompok
kreatifitas seni dan elektronika.
15. Mengusulkan proposal melalui
Komite.
16. Mengajukan
pengadaan, perbaikan sarana- prasarana sekolah.
17. Mengusulkan
beasiswa berprestasi dan BKM.
18. Mengundang unsur pemerintah
untuk menjadi pembina upacara.
E. Target Capaian
1. Meraih Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2013
2. Meloloskan siswa dalam Olimpiade Sains Nasional Tingkat
Propinsi
3. Meloloskan siswa dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)
minimal tingkat propinsi
4. Meraih prdedikat juara I Bupati Cup
4. Mempertahankan prestasi debat bahasa inggris
5. Sukses dalam ujian nasional
Tidak ada komentar:
Posting Komentar