Selasa, 27 Mei 2014

RENCANA KERJA SMAN 1 PAMMANA

RENCANA KERJA SMAN 1 PAMMANA
2013-2014


A.       Pendahuluan

                Pendidikan adalah suatu peristiwa penyampaian yang berlangsung dalam situasi komunikasi antar manusia untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dari proses komunikasi ini diharapkan adanya perubahan (change) dan pengembangan (development) tingkah laku  peserta didik dengan tetap berpegang teguh pada landasan moral  dan nilai-nilai luhur  yang diyakini kebenarannya. Sedangkan hahekat dan tujuan utama pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia, untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia,
Dalam upaya memanusiakan manusia minimal ada 3 kompetensi dasar  yang  dimiliki  peserta  didik  yang  harus dikembangkan  secara optimal, yaitu kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan optimalisasi pengembangan ketiga kemampuan dasar tersebut, manusia dapat mengembangkan nilai   kemanusiaannya   secara utuh. Dapat  menciptakan  dan menjaga  harmonisasi  hubungan 4 dimensi  dengan baik, yaitu  keselarasan dan keseimbangan hubungan antara  dirinya dengan Tuhan, hubungan dengan sesama manusia, hubungan dengan alam (lingkungan), dan internalisasi nilai-nilai dalam  dirinya sendiri.
                                Sektor pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam mengembangkan sumber daya manusia. Hal ini disebabkan karena melalui jalur pendidikan akan diperoleh pengetahuan yang sistematis, terarah dan berencana.

B.      Landasan

1.       Undang-undang RI No. 20/2003, tentang SPN

2.       Undang-undang RI No 14/2005, tentang Guru dan Dosen

3.       Permen Pendidikan Nasional No 22/2006 dan  No 23/2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

4.       PP RI No 19/2008, tentang Standar Nasional Pendidikan

5.       PP RI No 74/2008 tentang Guru

6.       Permen Pendidikan Nasional No 39/2009, tentang Pemantauan Pemenuhan Beban Kerja Guru da Pegawai

C.      Tujuan Program Kerja

Program Kerja ini dibuat dengan tujuan

1.   Menjadi panduan bagi semua personil sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga bisa bekerja dengan efektif, terarah, dan sistematis.

2.   Menjadi salah satu bahan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja sekolah

 D. Hasil Rumusan Program Kerja  Setiap Bidang


a. Bidang Kurikulum (Akademik), koordinator Wakasek Kurikulum

1.    Menyusun program Kerja Sekolah yang berkaitan dengan kurikulum dengan berpedoman pada kalender pendidikan.

2.    Wakasek kurikulum mengkoordinir pembuatan  :

a.       Program tahunan.

b.      Program semester.

c.       Skenario pembelajaran.

d.      Pengembangan silabus.

3.    Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan pembelajaran . 

4.    Menfasilitasi guru mata pelajaran dalam menetapkan Kriteria Kompetensi Minimal (KKM) tiap mata pelajaran.
5.    Melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam bidang didaktik, metodik dan evaluasi dengan mendatangkan instruktur/nara sumber yang kompeten.
6.    Mengaktifkan dan mengefektifkan pelaksanaan MGMP.
7.    Mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba mata pelajaran dan olimpiade mata pelajaran (olimpiade sains)
8.    Mengoptimalkan pemanfaatan Laboratorium IPA dan Laboratorium Komputer.
9.    Menetapkan pelaksanakan ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan semester /penaikan kelas  sesuai alokasi waktu yang disepakati.
10. Mengkoordinir pelaksanakan kegiatan persiapan ujian nasional dengan mengadakan  bimbingan belajar khusus (sore) dan try out (uji coba) soal-soal UN
11. Melaksanakan Ujian Nasional sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pemerintah pusat.
12. Melaksanakan bimbingan KIR / menggiatkan penelitian sederhana
13. Membentuk kelompok Pecinta Mata Pelajaran
14. Mengefektifkan Bimbingan Konseling
        Bimbingan dan konseling meliputi;
a. Mempersiapkan data siswa yang berkaitan dengan: Identitas siswa, bakat, minat dan kecerdasan, prestasi hasil belajar tiap cawu/semester 
b. Mengadakan deteksi dini terhadap siswa    berbakat atau memiliki kecerdasan diatas rata-rata. 
c.     Mengadakan pembinaan dan penyaluran terhadap kelompok siswa berbakat/ kecerdasan luar biasa\
d. Membantu mengatasi kesulitan siswa dalam masalah kesulitan belajar, masalah pribadi, masalah sosial dan masalah  karier.

a.      b.  Bidang Kesiswaan, koordinator Wakasek Kesiswaan

1.  Melaksanakan Penerimaan Siswa Baru dan Masa Orientasi Pengenalan Lingkungan Sekolah (MOPLS)   Tujuan : Agar siswa baru lebih mengenal kehidupan dan meberikan kesan positif serta   menyenangkan terhadap lingkungan fisik maupun sosial di sekolah,   mengetahui hak & kewajiban sebagai pelajar serta cara-cara belajar yang baik di   tempat baru. 

2.  Mengoptimalkan Pembinaan Siswa Melalui Organisasi Intra Sekolah (OSIS) OSIS adalah induk organisasi siswa yang berperan sebagai salah satu jalur pembinaan siswa. Tujuan:   Menumbuhkan kemampuan berorganisasi, mengembangkan kreativitas siswa, dan membentuk pribadi yang bertanggung jawab & disiplin.

Melalui 8 jalur pembinaan kesiswaan dilaksanakan kegiatan-kegiatan:
1.    Shalat dhuhur berjamaah.
2.  Kegiatan keagamaan antara lain: Buka  Puasa bersama, Pesantren kilat, Peringatan Maulid., Peringatan isra’miraj, Lomba Tadarus, Adzam,dan Kaligrafi.
3.       Melaksanakan upacara bendera dan membentuk kelompok paskibra
4.       Melaksanakan bakti sosial.
5.       Membiasakan siswa mengunjungi warga  yang terkena musibah.
6.       Melaksanakan LKS.
7.       Melaksanakan   lomba   pidato   Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
8.       Menggiatkan KIR.
9.       Mengaktifkan majalah dinding.
10.   Mengadakan PORSENI.
11.   Mengikuti PORSLA & Bupati Cup.
12.   Melaksanakan penyuluhan tentang narkoba.
13.   Mengikuti pameran kreatifitas siswa.
14.   Mengikuti lomba – lomba seni dan olahraga.

·         Kegiatan Ekstrakurikuler

1.  Menyalurkan Bakat dan  Minat Siswa melalui pengembangan diri dalam bidang:

a.       Olah Raga 

b.      Seni 

c.       Cinta Lingkungan Hidup

2.       Membentuk dan melaksanakan pelatihan UKS, PMR, dan Pramuka
3.       Mengaktifkan English Meeting Club dan English Camp.
4.       Membentuk kelompok Pencinta Alam.

b.      Bidang Sarana Prasarana, koordinator Wakasek Sarana
1.             Pengecatan pemeliharaan / perawatan  gedung dan penataan lingkungan sekolah.
2.             Melengkapi / Pengadaan sarana pembelajaran :
a.        Komputer.
b.      Pengadaan meja, kursi dan lemari.
c.       Alat/ bahan laboratorium
3.             Pembangunan gedung baru (RKB)
4.             Penghijauan Sekolah.
5.             Pembuatan talud
6.             Melanjutkan pembangunan masjid terutama flafon
7.             Penambahan tempat parkir siswa
8.             Pembuatan WC guru dan siswa
9.             Pembenahan lapangan sepak takraw dan volly
10.         Pengadaan lemari untuk piala
11.         Pengadaan mobiler (meja/kursi) untuk guru dan siswa

d.      Bidang Humas, koordinator Wakasek Humas 
    1.    Mengundang pengurus Komite untuk duduk bersama merumuskan program sekolah.
2.     Menfasilitasi rapat Komite dengan orang tua siswa.
3.  Menyampaikan informasi perkembangan SMA Negeri 1 Pammana ke Komite dan masyarakat
4.   Mengundang pengurus Komite pada rapat – rapat tertentu.
5.   Melibatkan Komite dalam pendanaan sekolah.
6.   Mengoptimalkan pelaksanaan MGMP.
7.   Mengadakan pelatihan KTSP.
8.   Mengfasilitasi guru atau pegawai dalam penataran.
9.   Membantu guru atau pegawai yang berkeinginan melanjutkan pendidikan.
10.  Mengundang masyarakat di sekitar  sekolah   pada    kegiatan tertentu.
11.  Mengadakan pertandingan  olahraga  antar   SMP   se-kecamatan Pammana
12.   Memberikan kesempatan kepada “Pemuda atau Warga”  sekitar  sekolah   untuk   memanfaatkan   fasilitas lapangan  olahraga.
13.    Mengikuti pameran yang  diselenggarakan  diknas/PEMDA Kab. Wajo
14.    Membina dan membentuk kelompok kreatifitas seni dan elektronika.
15.    Mengusulkan proposal melalui Komite.
16.    Mengajukan pengadaan, perbaikan sarana- prasarana sekolah.
17.   Mengusulkan beasiswa berprestasi dan BKM.
18.   Mengundang unsur pemerintah untuk  menjadi pembina upacara.

E. Target Capaian
1. Meraih Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2013
2. Meloloskan siswa dalam Olimpiade Sains Nasional Tingkat Propinsi
3. Meloloskan siswa dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) minimal tingkat propinsi
4. Meraih prdedikat juara I Bupati Cup
4. Mempertahankan prestasi debat bahasa inggris
5. Sukses dalam ujian nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar